March 5, 2024 in Sewage Treatment Plant

Dissolved Air Flotation (DAF) Efektif Mengolah Limbah Berminyak Dan Berlemak

Dissolved Air Flotation (DAF) Efektif Mengolah Limbah Berminyak Dan Berlemak

Dissolved Air Flotation (DAF) Efektif Mengolah Limbah Berminyak Dan Berlemak

 
Dissolved Air Flotation atau lebih dikenal dengan singkatan DAF merupakan metode untuk memisahkan zat atau bahan pencemar seperti  total suspended solid/padatan tersuspensi (TSS), biochemical oxygen demand (BOD5), dan minyak atau lemak (oils & greases) dari air dengan menggunakan metode bantuan gelembung udara. Partikel yang dapat dipisahkan oleh dissolved air flotation biasanya berdiameter kecil, misalnya gelembung-gelembung minyak yang terdispersi di dalam air yang tidak dapat dipisahkan dengan mengandalkan gaya gravitasi. Hal ini karena partikel minyak yang terdispersi terlalu kecil sehingga waktu yang dibutuhkan oleh partikel tersebut naik ke permukaan memakan waktu yang sangat lama.

Chat on WhatsApp

Pernahkah anda sadar jika, limbah minyak goreng apabila tidak dikelola dengan baik akan menimbulkan masalah bagi lingkungan, yaitu menjadikan lingkungan kotor dan dapat mencemari air serta tanah. Salah satu penghasil limbah minyak dan lemak yang dihasilkan dapat berasal dari kegiatan eksplorasi produksi minyak dan gas bumi. Limbah tersebut berasal dari pemisah crude oil dan air. Crude oil ditampung dalam tangki dan air limbah ditampung di dalam kolam penampungan. Sebelum limbah dibuang ke lingkungan, limbah harus diolah terlebih dahulu supaya komponen limbah yang dapat mencemari lingkungan dapat dikurangi atau dihilangkan, sehingga dampak negatif dapat diminimalisasi. Minyak merupakan salah satu jenis polutan yang berasal dari limbah cair dengan penyebaran yang sangat luas. Polutan industri minyak bumi bisa mengancam biota pada lingkungan. Polutan ini mengandung hidrokarbon alifatik dan aromatik yang mempunyai berat molekul rendah hingga tinggi.

Flotasi merupakan salah satu metode untuk memisahkan atau menghilangkan minyak teremulsikan pada air limbah. Tekanan udara dan reaksi dengan oksigen akan membuat minyak terflotasi. Penurunan konsentrasi minyak dan lemak akan berbanding terbalik dengan pertambahan waktu kontak. Sampel air limbah yang digunakan berasal dari industri pembangkit listrik. Apabila dalam limbah masih terdapat kandungan minyak dan lemak yang tinggi dapat diturunkan menggunakan lumpur aktif. Penurunan konsentrasi minyak dan lemak dapat terjadi karena adanya biodegradasi senyawa minyak dalam larutan oleh mikroorganisme dalam lumpur aktif. Aerasi dan penambahan nutrien menyebabkan pertumbuhan mikroorganisme sehingga penguraian minyak dan lemak dapat meningkat pula. Mikroorganisme mampu mengoksidasi senyawa hidrokarbon alifatik jenuh dengan bantuan oksigen. Semakin lama waktu kontak, maka semakin banyak yang teroksidasi hingga minyak dan lemak yang terkandung dalam limbah menghilang.

Dissolved Air Flotation (DAF) merupakan unit pengolahan yang membawa partikel tersuspensi ke atas permukaan limbah dengan bantuan udara. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kinerja DAF dalam menurunkan minyak dan lemak, salah satunya dengan adanya pre-treatment berupa koagulasi dan flokulasi. Sampel yang digunakan berasal dari industri minyak bumi. Pre-treatment dilakukan untuk memudahkan pemisahan minyak dan lemak karena telah terbentuk flok-flok. 

Pada dasarnya, prinsip kerja dissolved air flotation merupakan proses penambahan gelembung udara ke dalam air limbah yang tercampur dengan partikel minyak terdispersi. Penambahan gelembung udara pada unit dissolved air flotation akan mempercepat proses naiknya minyak ke lapisan atas air karena massa jenis udara yang jauh lebih kecil daripada air, sehingga gelembung udara tersebut secara otomatis akan naik ke permukaan air.

Metode dissolved air flotation telah digunakan secara luas untuk proses pengolahan air limbah yang dihasilkan dari industri pemurnian minyak, petrokimia, pabrik kimia, pengolahan air umum, dan lain-lain.

Konsultasikan masalah pengolahan air limbah industri berminyak dan berlemak anda hubungi/WA : 08234 811 4479

Dissolved Air Flotation (DAF) Efektif Mengolah Limbah Berminyak Dan Berlemak




Experts

Get the Best Solution

For Your Water

From Our Experts

By browsing this website, you agree to our privacy policy.
I Agree