March 13, 2024 in Equipment WTP & WWTP

Mengolah Limbah Foodcourt dengan DAF

Mengolah Limbah Foodcourt Atau Restoran Yang Mengandung Fat, Oil And Grease (Minyak Dan Lemak) Dengan Dissolved Air Flotation (DAF)

Mengolah Limbah Foodcourt Atau Restoran Yang Mengandung Fat, Oil And Grease (Minyak Dan Lemak) Dengan Dissolved Air Flotation (DAF)

Limbah tidak hanya berupa bahan-bahan kimia yang berasal dari industri, tapi bisa juga berupa bahan pencemar lainnya seperti minyak. Jangan meremehkan limbah minyak, karena dapat menurunkan produksi ikan. Minyak mengandung hidrokarbon yang bersifat toxic (beracun) yang berpengaruh pada reproduksi, perkembangan, pertumbuhan, perilaku biota laut. Kandungan dalam minyak dan lemak juga mengandung senyawa lipid, senyawa ester, alkohol dan senyawa volatil lainnya. Jika air yang digunakan mengandung minyak akan menyebabkan beberapa penyakit seperti dermatitis pada kulit jika kontak dengan kulit. Bahkan dapat menyebabkan iritasi pada mata, hidung, tenggorokan dan paru-paru jika air yang terkontaminasi dengan minyak itu dihirup. 

Selain Industri -industri besar seperti Industri Gula, Tekstil, Urea, Minyak Kelapa Sawit, Cold Storage, Minuman, Bumbu, Kerupuk, limbah minyak dan lemak juga dapat diproduksi oleh industri-industri makanan yang menengah atau kecil, baik itu penghasil makanan yang dikemas (pressed food) atau makanan olahan (processed food) serta aktivitas dari foodcourt dan restoran bahkan di rumah. Tidak hanya minyak, limbah-limbah tersebut mengandung Lemak sehingga limbah dari sumber-sumber tersebut mengandung Fat, Oil and Greases (FOG) yang tinggi.

Namun untuk menghilangkan kandungan minyak dari air tidaklah sulit. Dalam menangani air limbah dapat menggunakan teknologi pengolahan air limbah (IPAL) dengan perlakuan fisik, perlakuan kimia fisika, perlakuan biokimia serta perlakuan elektronika. Sulit tidaknya proses pemisahan minyak atau lemak dari air ini tergantung sifatnya. Jika air mengandung minyak yang menggumpal dapat menggunakan gravitasi, sementara minyak yang terlarut dapat menggunakan pengolahan air limbah (IPAL) atau wastewater treatment (WWTP) secara biologis, namun emulsi minyak yang tersuspensi sulit dipisahkan.

Chat on WhatsApp

Mengolah Limbah Foodcourt Atau Restoran Yang Mengandung Fat, Oil And Grease (Minyak Dan Lemak) Dengan Dissolved Air Flotation (DAF)

Dissolved Air Flotation (DAF) Teknik pemisahan lemak, pemisahan minyak atau Pengolahan Lemak/Minyak dengan Teknik Flotasi

Flotasi adalah sebuah unit operasi yang memisahkan fase cair atau fase padat dari fase cair yang berdasarkan perbedaan berat jenis partikel. Apabila berat jenis partikel lebih kecil dari cairannya maka partikel akan ter flotasi dengan spontan, sedangkan partikel padat atau cair yang berat jenisnya lebih besar dari cairannya dipisahkan dengan gelembung udara. Menurut para ahli, memisahkan limbah air dari kandungan Fat, Oil & Grease (FOG) dapat dilakukan dengan teknik natural flotation yang mudah namun kurang efektif. Dalam pengaplikasiannya natural flotation membutuhkan waktu yang lama dengan tempat yang besar. Jika menggunakan teknik ini, limbah air dengan kandungan minyak dan lemak ini akan lama ditangani dan semakin hari akan bertambah. Maka dari itu untuk mengolah limbah minyak dan lemak (FOG) ini dapat menggunakan teknologi pengolahan air limbah (IPAL) atau Wastewater Treatment (WWTP) pemisah limbah dan minyak yaitu Dissolved Air Flotation (DAF). 

Dissolved Air Flotation (DAF) memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan natural flotation yaitu tidak memerlukan waktu yang lama dan tidak membutuhkan tempat yang besar.

Cara Kerja Dissolved Air Flotation (DAF) Dalam Pengolahan Air Limbah, Pemisahan Lemak dan Minyak

DAF pada prinsipnya dapat memisahkan air dari polutan yang berdiameter kecil, misalnya gelembung-gelembung minyak yang terdispersi di dalam air dan tidak bisa dipisahkan dengan hanya mengandalkan gravitasi. Prinsip kerja Dissolved Air Flotation (DAF) ini dengan menambahkan gelembung udara ke dalam air limbah yang tercampur dengan minyak. Karena massa jenis udara yang jauh lebih kecil daripada air, gelembung udara dapat naik ke permukaan secara otomatis dengan cara menambahkan gelembung udara pada unit DAF ini mempercepat proses naiknya minyak ke lapisan atas air.

Pelajari produk untuk penanganan pemisahan limbah minyak dan lemak terhadap air limbah industri anda dengan menghubungi kami untuk info lebih lanjut dan pemesanan: +6282348114479




Experts

Get the Best Solution

For Your Water

From Our Experts

By browsing this website, you agree to our privacy policy.
I Agree