March 14, 2024 in Equipment WTP & WWTP, Sewage Treatment Plant

Teknologi Pengolahan Limbah Domestik Membarane Bioreactor Untuk Hospitality Industry

Teknologi Pengolahan Limbah Domestik Membarane Bioreactor Untuk Hospitality Industry

Teknologi Pengolahan Limbah Domestik Membarane Bioreactor MBR Untuk Hospitality Industry

Tumbuhnya  berbagai  usaha hospitality  terutama  di  pusat-pusat  perkotaan  dan  kawasan  pariwisata  akan  menghasilkan berbagai limbah, baik padat (sampah) maupun cair. Untuk tetap menjaga  kondisi  lingkungan  agar  tetap  bersih  dan  sehat,  maka berbagai  sampah  dan  limbah  cair  tersebut  harus  dikelola  sesuai dengan karakteristiknya. Namun, limbah  Cair  Hotel  adalah  limbah  dalam  bentuk  cair  yang dihasilkan  oleh  kegiatan  hotel  yang  dibuang  ke  lingkungan  dan diduga  dapat  menurunkan  kualitas  lingkungan.  (Kep. Men.  LH No. : KEP-52/MENLH/10/1995).  

Industri hospitality seperti hotel  menyediakan  pemenuhan  berbagai  kebutuhan  hidup sehari-hari  seperti  makanan,  pencucian/laundry  dll bagi  para pengunjungnya, sehingga dalam aktivitasnya, hotel menghasilkan berbagai  limbah  cair   dan  sampah  layaknya  suatu  komplek pemukiman penduduk.  Karena aktivitas  yang ada di hotel relatif sama  seperti  layaknya  pemukiman,  maka  sumber  limbah  yang ada  juga  relatif  sama  seperti  pada  pemukiman  dan  fasilitas tambahan   lainnya   yang   ada   di   hotel. Sumber   limbah   cair perhotelan tersebut antara lain: 

  • limbah dari kamar mandi dan toilet
  • limbah dari kegiatan di dapur/restaurant
  • limbah dari kegiatan pencucian/loundry, 
  • limbah dari fasilitas kolam renang

Karakteristik  limbah  cair  dari  perhotelan  relatif  sama  seperti limbah  cair  domestik  dari  pemukiman,  karena  aktivitas-aktivitas yang  ada  di  hotel  relatif  sama  seperti  aktivitas  yang  ada  di lingkungan    pemukiman.    Sementara    jumlah    limbah    yang dihasilkan dari perhotelan tergantung dari jumlah kamar yang ada dan  tingkat  huniannya.  Disamping  itu  juga  dipengaruhi  oleh fasilitas tambahan yang ada di hotel tersebut.

Chat on WhatsApp

MBR Membrane Bioreactor untuk Pengolahan Limbah Domestik

Teknologi Pengolahan Limbah Domestik Membarane Bioreactor Untuk Hospitality Industry

Limbah  perhotelan  pada  umumnya  mempunyai  sifat-sifat sebagai berikut: 

Senyawa fisik :  

  • berwarna 
  • mengandung padatan 

Senyawa kimia organik : 

  • mengandung karbohidrat  
  • mengandung minyak dan lemak 
  • mengandung protein 
  • mengandung unsur surfactan antara lain detergen dan sabun 

Senyawa kimia anorganik : 

  • mengandung alkalinity
  • mengandung Khloride
  • mengandung Nitrogen
  • mengandung Phospor
  • mengandung Sulfur

Unsur Biologis mengandung protista dan virus

Rata-rata karakteristik limbah perhotelan adalah memiliki konsentrasi BOD di dalam air limbah 200 – 300 mg/lt. Serta konsentrasi SS di dalam air limbah 200 –250 mg/l. Untuk  menentukan  sistem  pengolahan  limbah  diperlukan pemilihan   teknologi   yang   tepat,   agar   biaya   investasi   IPAL tersebut  murah.  Disamping  itu,  biaya  operasional  IPAL  nantinya juga  harus  murah,  namun  harus  dapat  memberikan  hasil  olahan yang memenuhi baku mutu limbah buangan sesuai dengan baku mutu limbah buangan yang berlaku. Baku mutu limbah cair hotel adalah batas maksimum limbah cair yang  diperbolehkan  dibuang  ke  lingkungan.  Baku  mutu  limbah cair   perhotelan   telah   ditetapkan   dengan   Peraturan   Daerah Propinsi  Jawa  Tengah  No.  10  Tahun  2004  Tentang  Baku  Mutu Air Limbah

MBR merupakan teknologi termodern dan termaju masa kini yang banyak digunakan dinegara maju untuk memproses kembali air limbah kemudian digunakan kembali (Water Recycle & Reuse). Teknologi MBR hadir sebagai solusi pada permasalahan menipisnya sumber air. Permasalahan ini menuntut kita untuk melakukan pengolahan tambahan berupa unit pengolahan daur ulang. Akan tetapi penambahan unit pada umumnya akan membutuhkan lahan tambahan pula. Sedangkan kota dengan padat penduduk memiliki keterbatasan pada ketersediaan lahan. Hal ini menjadi salah satu nilai positif untuk tenologi MBR dimana tidak membutuhkan lahan yang besar. Karena teknologi membran sebagai pemisah biomassa dapat menghilangkan kebutuhan akan kolam pengendapan dan filter. Membran pada MBR bekerja pada microfiltration (MF) dan ultrafitration (UF) yang memiliki selektifitas tinggi sehingga sangat efektif dalam fungsi filtrasi. Selain mampu menghilangkan kontaminan, MBR juga dapat menerima muatan yang lebih tinggi dan menghasilkan lumpur buangan yang lebih rendah. Oleh karena itu MBR dapat menjadi alternatif dalam daur ulang air limbah untuk digunakan kembali menjadi sumber air bersih.

Pelajari selengkapnya pengolahan limbah air domestik hospitality perhotelan dengan menghubungi HP/Whatsapp : 08234 811 4479




Experts

Get the Best Solution

For Your Water

From Our Experts

By browsing this website, you agree to our privacy policy.
I Agree