March 18, 2024 in Water Treatment Plant

Water Treatment Plant (WTP) Di Rest Area Proyek Tol Balikpapan-Samarinda

Water Treatment Plant (WTP) Di Rest Area Proyek Tol Balikpapan-Samarinda

Water Treatment Plant (WTP) Di Rest Area Proyek Tol Balikpapan-Samarinda

Jalan Tol Balikpapan-Samarinda merupakan jalan tol pertama di Kalimantan yang dikerjakan oleh PT WIKA (Persero) yang telah resmi beroperasi di penghujung tahun 2019, dengan panjang 99,35 kilometer yang dilengkapi dengan dua Rest Area yang masing-masing terletak dikedua ruas tol ke arah Balikpapan dan ke arah Samarinda. Suplai air bersih menjadi hal utama yang menjadi perhatian sebagai menunjang fasilitas rest area. Lokasi rest area ini cukup jauh dari sumber air PDAM sehingga pemanfaatan air sumur di sekitar rest area diharapkan mampu menjadi pemasok sumber air bersih.

Standar Penyediaan Air Bersih

Water Treatment Plant (WTP) Di Rest Area Proyek Tol Balikpapan-Samarinda

Menurut undang-undang Nomor 7 tahun 2004, pasal 1 ayat (2) tentang Sumber Daya Air, air adalah semua air yang terdapat pada, diatas, ataupun di bawah permukaan tanah, termasuk dalam pengertian air permukaan, air tanah, air hujan manusia supaya tidak menimbulkan dampak yang merugikan. Air yang memenuhi persyaratan fisik adalah air yang tidak berbau, tidak berasa, tidak berwarna dan tidak keruh sehingga menimbulkan rasa nyaman, dan ju, air laut yang berada di darat. Dalam penyediaan air, terdapat beberapa proses-proses yang wajib dilakukan demi mendapatkan kriteria kualitas, kuantitas, dan kontinuitas yang baik agar layak untuk di konsumsi oleh jumlah zat padat terlarut (TDS) yang rendah. Dalam hal ini, air sumur di lokasi rest area tol Balikpapan-Samarinda masih belum memenuhi kriteria-kriteria tersebut utamanya kandungan besinya yang cukup tinggi sehingga menimbulkan bau pada air. Oleh karena itu, diperlukan adanya sistem pengolahan air yang efektif.

Chat on WhatsApp

Multimedia Filtration Water Treatment Plant (WTP)

Water Treatment Plant (WTP) Di Rest Area Proyek Tol Balikpapan-Samarinda

Untuk menyelesaikan masalah kesulitan air bersih, PT Grinviro Biotekno Indonesia telah menyelesaikan proyek Water Treatment Plant (WTP) di kedua rest area Tol Balikpapan-Samarinda pada tahun 2020. Dengan memanfaatkan Multimedia Filtration (MMF) untuk mengolah air bersih belum layak pakai menjadi air bersih yang telah memenuhi Standar Baku Mutu sesuai PERMENKES RI No. 32 Tahun 2017. Media filtrasi yang digunakan meliputi Sand Filter, Manganese Filter, dan Carbon Filter yang mengusung Automation System yang mana pengoperasian dikendalikan berdasarkan level air di dalam penampungan air baku dan penampungan air produk serta sistem Backwash yang otomatis. Kapasitas pengolahannya sebesar 8 m3/jam.

Cara Kerja Multimedia Filtration Water Treatment Plant

  • Supply air (Raw Water) yang digunakan untuk proses ini berasal dari air sumur bor yang ditampung pada Raw Water Tank (RWT). Dari RWT selanjutnya dipompa menuju
  • Tangki Sand Filter yang berfungsi untuk menyaring padatan-padatan pengotor lalu masuk ke
  • Tangki Manganese Filter untuk menghilangkan kandungan besi dan mangan. Selanjutnya menuju M
  • Tangki Carbon Filter yang berfungsi untuk menghilangkan kandungan organik yang menyebabkan warna, bau, dan rasa.
  • Air produk ditampung dalam Clear Water Tank (CWT) yang selanjutnya dapat ditransfer ke berbagai tempat seperti toilet, masjid, dll.

Water Treatment Plant (WTP) Di Rest Area Proyek Tol Balikpapan-Samarinda

PT. Grinviro Biotekno menyediakan WTP System yang mampu memberikan solusi terhadap masalah penyediaan air bersih anda :

  • Water Treatment System

Untuk menggunakan jasa kami pada produk tersebut silahakan hub. kami melalui email atau whatsapp ke 08234 811 4479 (Fast Respon)




Experts

Get the Best Solution

For Your Water

From Our Experts

By browsing this website, you agree to our privacy policy.
I Agree