Surface Aerator dan Jet Aerator IPAL, Tangguh Atasi Limbah Kolam Limbah / IPALPAL

Keyword: Aerator IPAL, Aerator Limbah, Surface Aerator, Jet Aerator, Aerator Sawit, Aerator Kolam, Pengolahan Air, Pengolahan Limbah

Dalam penanganan limbah-limbah ini terkadang menggunakan berbagai macam metode. Terkadang beberapa industri atau perusahaan menyediakan kolah penampungan limbah untuk menampung dan mengolah limbahnya karena dianggap metode yang paling mudah dan tidak memerlukan investasi alat yang mahal. Dengan penggunaan kolam penampungan limbah ini, limbah diolah secara alami dengan teknik aerasi dimana limbah akan diolah secara alami oleh mikroorganisme yang terkandung pada limbah tersebut. Namun, ada beberapa kelemahan dengan menggunakan metode ini. Metode ini memanfaatkan oksigen atau sering disebut dengan aerob, karena sifat mikroorganisme yang terkandung pada air limbah memerlukan oksigen agar dapat berjalan dengan baik. Maka dari itu, biasanya penanganan limbah dengan metode aerasi ini dibantu dengan teknologi  aerator IPAL.

Pemanfaatan Aerator IPAL Dalam Pengolahan Air Limbah Industri

Aerator IPAL ini digunakan sebagai usaha pengolahan air limbah pada industri yang menggunakan teknik aerobik dimana mememanfaatkan mikroorganisme dalam pengolahan air limbahnya. Aerator IPAL adalah mesin atau teknologi yang menghasilkan gelembung kecil atau halus (microbubble) dan secara konstan pada pengolahan air limbah. Fungsi Aerator sendiri sama dengan fungsi aerator pada kolam ikan yakni menghasilkan gelembung oksigen agar makhluk hidup pada kolam dapat bertahan hidup. 
_________

Baca juga: Pengolahan Limbah Sawit dengan Menggunakan Teknologi Lebih Efektif dan Efisien
_________

Aerator ini menggunakan propeler yang setengah terbenam dalam air (megapung) dengan teknologinya dapat memecah permukaan air agar permukaan air mendapatkan kontak dengan oksigen dari udara. Kinerja utama dari mesin ini yaitu dengan menimbulkan kandungan Dissolved Oxygen (DO) ke dalam air limbah sehingga memiliki kadar oksigen yang cukup dan dibutuhkan oleh bakteri mikroorganisme untuk menguraikan senyawa atau kandungan organik pada limbah. Sedangkan, senyawa organik itu sendiri mengandung bahan pencemar, dapat mengkontaminasi air yang berbahaya untuk dikonsumsi. 
Terdapat dua jenis tipe aerator IPAL yang diproduksi oleh PT. Grinviro Biotekno Indonesia ada yang berbentuk Turbo Jet ada yang berbentuk Surface Aerator. Pada dasarnya cara kerja dari aerator adalah proses supply udara atau Oksigen yang mirip dengan Aerator aquarium atau tambak

  • Turbojet Aerator, Aerator IPAL ini dapat menghasilkan gelembung udara yang berupa microbubble yang sanagat halus, dapat digunakan pada kolam air limbah juga pada kolam air bersih. Dalam proses transfer Oksigen dilakukan dengan cara menyemburkan udara dengan menggunakan shaft dimana propeller terletak ada bagian ujung aerator. Untuk aerator IPAL ini sangat cocok digunakan pada kolam yang memiliki kedalaman yang tinggi. Karena dalam instalasinya yang mudah membuat mesin aerator IPAL ini menjadi pompa udara yang handal dan efektif. Pada kapasitas kecil, mesin jet aerator ini bisa digunkan untuk kebutuhan untuk kolam tambak ikan dan udang atau waduk.
  • Floating Surface Aerator hampir mirip dengan surface jet aerator selain mengahsilkan gelembung udara yang halus, Aerator IPAL ini dapat menyemprotkan atau menaikkan air ke udara dengan mesin propeller yang terendam dalam air. Mesin aerasi untuk bakteri aerob ini dirancang khusus dengan tingkat presisi yang sangat tinggi. Dengan teknik penyemburan ini dapat menciptakan percikan air yang bersentuhan dengan udara luar dapat menjadikan air pada kolam limbah mengandung oksigen yang baik. Tipe aerator IPAL ini cocok untuk kolam yang memiliki luas yang cukup besar selain itu cocok untuk mengolah air limbah dengan kandungan TSS yang tinggi.
_________

Baca juga: Perbedaan Penggunaan Serta Pengaplikasian Aerator IPAL Floating Surface Aerator dan Jet Aerator 
_________

Kedua aerator IPAL atau limbah ini sangat cocok untuk pengolahan limbah pada berbagai macam industri seperti Palm Oil Mill, Pabrik Gula, Pabrik Karet, Pabrik Tapioka, Pabrik Tekstil dan lainnya. 
Pelajari selengkapnya produk aerator IPAL dalam pengolahan limbah cair dengan teknik aerasi: Klik disini
Hubungi HP/Whatsapp : 08234 811 4479

Get A Free Webinar, Consult and Training ? Register !!