January 10, 2024 in Sewage Treatment Plant

Multi Plate Screw Press Sebagai Dewatering Lumpur Limbah Industri

multi-plate-screw-press-sebagai-dewatering-lumpur-limbah-industri
multi-plate-screw-press-sebagai-dewatering-lumpur-limbah-industri

Multi Plate Screw Press Sebagai Dewatering Lumpur Limbah Industri

Limbah yang dihasilkan dari proses pengolahan memiliki 2 bentuk hasil, yakni air dan padatan yang berupa lumpur. Kedua bentuk limbah ini perlu untuk dipisahkan dikarenakan memiliki jalur pembuangan yang berbeda. Hasil pengolahan air limbah yang berupa cairan sesuai standar baku mutu, akan dialirkan menuju air sungai untuk dibuang ataupun dimanfaatkan kembali. Sedangkan, untuk hasil pengolahan yang berupa lumpur akan masuk ke dalam kategori limbah B3 (Bahan Berbahaya dan Beracun). Dengan adanya perbedaan tujuan, hasil pengolahan air limbah masih berlanjut kepada proses pemisahan keduanya. Biasanya dibutuhkan proses yang panjang dengan tambahan alat yang digunakan untuk penambahan flocculant, penyaringan, hingga penyaluran hasil akhir.

Disamping itu, limbah lumpur yang masuk dalam kategori B3 biasanya akan diserahkan kepada pihak ke-3. Penggunaan pihak lain dipilih karena adanya proses yang kompleks jika dijalankan oleh badan usaha terkait. Namun, penyerahan kepada pihak ke-3, tentu pihak industri akan mengeluarkan biaya pembuangan limbah lumpur atau sludge berdasarkan berat padatan yang dihasilkan. Sehingga, proses dewatering atau pengeringan sludge menjadi perhitungan biaya keluar bagi industri karena berpengaruh pada berat akhir dari limbah yang akan dibuang.

Penanganan terhadap pemisahan air limbah dan pengeringan sludge dapat diatasi oleh Flowrex Multi Plate Screw Press. Alat ini merupakan alat pengolahan limbah milik PT Grinviro Biotekno Indonesia yang compact dengan adanya proses flokulasi, pemisahan, hingga terbentuknya cake sludge. Hasil akhir yang didapatkan berupa cake sludge dengan tersisa 80% dari input. Sludge ini akan memiliki hasil yang padat dan dapat meminimalisir berat akhir dari limbah yang akan diberikan kepada pihak ke-3 dalam pengolahan limbah B3.

Chat on WhatsApp

Spesifikasi Flowrex Multi Plate Screw Press

  • Cara Kerja

Flowrex Multi Plate Screw Press (FMP) merupakan teknologi terbaru dalam pengeringan limbah menjadi padatan sludge. Alat dengan gerakan screw secara tubular ini mampu untuk memisahkan limbah yang tinggi minyak dengan tanpa menyebabkan terjadinya penyumbatan (clog free), dan tentunya low cost serta low energy. Setelah limbah masuk ke dalam inlet, selanjutnya akan ada 3 prinsip kerja yang digunakan pada bagian ini :

      • Thickening

Limbah yang telah masuk bagian inlet, selanjutnya masuk ke dalam bagian alat berikutnya menggunakan pergerakan dorongan poros oleh sekrup sembari bergeraknya cincin di sekitar poros. Dengan tekanan awal ini, air ditekan keluar dan jatuh ke tangki filtrasi yang berada dibawahnyA dengan cara gravitasi.

      • Dewatering (Pengeringan)

Lumpur yang sudah kian menebal, selanjutnya akan bergerak menuju zona dewatering. Pada bagian ini, lumpur akan diberikan tekanan tinggi akibat dari gerakan sekrup yang semakin menyempit. Proses ini akan menghasilkan cake sludge yang sudah ditekan sempurna dan menjadi lebih kering.

multi-plate-screw-press-sebagai-dewatering-lumpur-limbah-industri-4

      • Self-Cleaning (Pembersihan Diri)

Pergerakan cincin-cincin pada poros sekrup akan berjalan kontinu sembari adanya pembersihan diantara cincin yang tetap dan cincin yang bergerak sehingga tidak ada kesempatan untuk terjadinya penyumbatan pada alat.

  • Deskripsi Produk & Keunggulan

multi-plate-screw-press-sebagai-dewatering-lumpur-limbah-industri-5

Sejak tahun 2018, PT Grinviro Biotekno Indonesia menjadi pionir dan sudah berpengalaman dalam pengolahan lumpur limbah menjadi cake sludge melalui alat screw press. Produk Flowrex Multi Plate Screw Press (FMP) memiliki kapasitas yang beragam dan dapat disesuaikan oleh kondisi limbah masing-masing industri. Alat ini menggunakan sumber energi yang rendah dan disesuaikan dengan kapasitas yang digunakan. FMP dapat bekerja secara kontinu selama 24 jam. Sehingga, industri yang memiliki proses produksi dengan load tinggi dan proses limbah yang juga berjalan aktif akan cocok menggunakan alat press limbah FMP milik Grinviro. Desain yang compact dari FMP membuat alat dewatering ini efisien dan memiliki biaya rendah karena cost tenaga kerja operasional hingga maintenancenya yang minim. Detail perbandingan dari berbagai aspek dapat dilihat pada Tabel 1.

Tabel 1. Perbandingan Kinerja Alat Dewatering berupa Screw Press, Belt Press, Centrifuges, dan Plate & Frame

multi-plate-screw-press-sebagai-dewatering-lumpur-limbah-industri-3

Dengan spesifikasi dari Flowrex Multi Plate Screw Press (FMP) yang telah dijabarkan, produk screw press ini dapat digunakan pada berbagai jenis industri. Seperti digunakan pada proses aerasi IPAL Industri Kertas atau Pulp & Paper, Industri Pengolahan Makanan dan Minuman, Industri Agrikultur, Industri Karet, Industri Farmasi, Industri Otomotif, Industri Seafood,Industri Kayu, Industri Pengolahan Limbah B3, hingga untuk memenuhi kebutuhan peralatan dari kontraktor.

  • Biaya Operasional

PT Grinviro Biotekno Indonesia memiliki tim ahli yang mampu menganalisis biaya operasional yang akan dikeluarkan dari penggunaan alat Flowrex Multi Plate Screw Press (FMP). Berikut perhitungan OPEX atau perhitungan biaya operasional dari alat screw press kami dengan detail sebagai berikut : 

 

multi-plate-screw-press-sebagai-dewatering-lumpur-limbah-industri-2

Garansi Untuk Setiap Pembelian Multi Plate Screw Press

Untuk memberikan kenyamanan dan kepastian fungsionalitas alat Flowrex Multi Plate Screw Press (FMP), PT Grinviro Biotekno Indonesia memberikan garansi pada setiap harga Multi Plate Screw Press yang dilakukan dalam proses transaksi. Kami memberikan garansi berupa Warranty terhadap Spare Part dan Service selama 1 tahun sejak pembelian. Garansi juga diberikan pada sistem jika ada yang tidak berjalan dengan baik, dengan durasi yang sama. Perihal garansi, dapat dibahas lebih lanjut dengan Tim Ahli kami untuk membahas syarat dan ketentuannya.
Informasi dan diskusi terkait kebutuhan produk, dapat menghubungi Nomor WhatsApp kami (082348114479) atau melalui fitur Live Chat di website PT Grinviro Biotekno Indonesia.

Customer Yang Telah Menggunakan Multi Plate Screw Press Dari Grinviro Biotekno : 

multi-plate-screw-press-sebagai-dewatering-lumpur-limbah-industri-1




Experts

Get the Best Solution

For Your Water

From Our Experts

By browsing this website, you agree to our privacy policy.
I Agree